Dubes Husnan Ajak AMPHURI Eksplorasi Pariwisata Azerbaijan

AMPHURINEWS.COM, JAKARTA–Duta Besar Republik Indonesia untuk Azerbaijan, Husnan Bey Fanani secara khusus menyambangi kantor Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (DPP AMPHURI) di Jakarta, pada Selasa (15/10/2019). Kedatangan Dubes Husnan ke DPP AMPHURI kali ini merupakan kunjungan balik setelah sebelumnya AMPHURI mengadakan perjalanan ke Azerbaijan dua tahun lalu.

“Kebetulan kami juga akan hadir untuk turut membantu pemerintah Azerbaijan dalam mempromosikan potensi Azerbaijan di event pameran perdagangan berkelas internasional yang diadakan oleh Kementerian Perdagangan RI, besok di BSD,” kata Diplomat kelahiran Jakarta, 13 November 1967 mengawali sambutannya.

Dalam kesempatan itu, Dubes Husnan juga memaparkan potensi Azerbaijan, khususnya sektor pariwisata yang memiliki pesona tersendiri. Menurutnya, Azerbaijan tidak hanya dikenal sebagai ‘land of fire’ alias ‘negeri api’, Azerbaijan juga menjadi negeri yang menyimpan jejak Zoroastrianisme. Hal ini tampak dari bangunan Kuil Ateshgah, kuil yang berlokasi di Surakhany, semenanjung Absheron, atau sekitar 30 kilometer dari Baku, ibu kota Azerbaijan.

Dubes Husnan menambahkan, bahwa Azerbaijan mampu merekam keberlanjutan budaya bukti peradaban Zoroastrianisme, Sasania, Arab, Shirvani, Persia, Ottoman hingga Rusia. Bahkan, kata Dubes Husnan, situs gua Ashabul Kahfi tidak hanya ada di Jordania, tapi negeri ini pun mengklaim bahwa gua tersebut adanya di Azerbaijan.

Melalui courtesy visit ini, Dubes Husnan mengajak AMPHURI kembali membuat program paket wisata ke Azerbaijan yang tentunya dikemas dalam paket umrah maupun wisata muslim. Meski memang diakui Husnan, hingga hari ini belum ada penerbangan langsung dari Jakarta ke Baku. Namun setidaknya, dari Baku ke Jeddah ada penerbangan langsung. “Entah kenapa otoritas penerbangan di Indonesia dalam hal ini Kementerian Perhubungan belum mau membuka rute dari dan ke Azerbaijan. Kalau pihak penerbangan Azerbaijan sendiri sudah siap untuk menerbangi ke Jakarta,” katanya.

Karena itu, dengan kunjungan ke AMPHURI ini akan terbuka jalan, menemukan solusi terbaik, agar pemerintah membuka jalur penerbangan, sehingga ini akan memudahkan sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan ke dua negara. (amc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *