AMPHURI Kembali Gelar AITE 2019 di Makassar

AMPHURINEWS.COM, MAKASSAR–Hari ini, Jumat (13/9/2019), Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (DPD AMPHURI) Sulawesi Maluku Papua (Sulampua) menggelar Amphuri Islamic Travel Expo (AITE) 2019 di Mal Ratu Indah Makassar. Pameran yang mengusung one stop shopping perjalanan ibadah umrah, haji dan wisata halal ini bakal berlangsung hingga Minggu, 15 September nanti.

Demikian disampaikan Ketua DPD AMPHURI Sulampua, Muhammad Azhar Ghazali dalam keterangan resminya di Makassar, Jumat (13/9/2019).

Menurutnya, perhelatan akbar tahunan di kawasan Indonesia bagian timur ini dalam rangka menyambut musim umrah 1441 H dengan besarnya potensi pasar haji dan umrah di Sulawesi Selatan khususnya dan Indonesia bagian timur yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Azhar mengatakan, AITE 2019 menjadi ajang direct selling para agent travel anggota AMPHURI baik lokal maupun nasional memperkenalkan produk dan layanan kepada masyarakat. “Pada pameran kali ini, alhamdulillah mengalami peningkatan yang signifikan baik dari total occopancy dan profil pesertanya,” kata Azhar.

Hal ini, lanjut Azhar, menunjukan bahwa Makassar adalah kota potensial dengan kontribusi jamaah yang tinggi tiap tahunnya. Tidak hanya agent, para provider/vendor stake holders International AMPHURI juga turut meramaikan pameran AITE yang sudah memasuki tahun ketiga pelaksanaannya di Kota Makassar. “Hadir diantaranya broker hotel, provider visa, penyedia jasa transportasi, termasuk operator tour dari Uzbekistan,” tegasnya.

AMPHURI, kata Azhar, akan hadir untuk terus memberikan informasi tentang produk layanan ibadah dan wisata halal yang terbaik dan amanah melalui anggotanya. Salah satunya adalah melalui kegiatan AITE ini. “Kita berharap masyarakat Makassar khususnya dan Sulampua umumnya betul-betul dapat merasakan manfaat event ini, karena pilihan produk dan layanan ibadah yang dihadirkan di AITE sangat variatif dan terjamin aman,” ungkapnya.

Azhar menambahkan, selain peserta international, beberapa produk dan jasa penunjang ikut berpartisipasi tahun ini, seperti airlines, asuransi, perbankan, lembaga keuangan, layanan kesehatan, operator seluler, perlengkapan haji umrah dan gerakan sosial. AMPHURI sendiri, kata Azhar, melalui Koperasi Amphuri Bangkit Melayani akan memperkenalkan sistem E-Commerce yakni AISYAH (Amphuri Information System Syariah) di Kota Makassar.

“Hal ini membuktikan bahwa AMPHURI menjadi satu-satunya asosiasi yang terus berinovasi dan selalu siap mengikuti perkembangan jaman,” katanya.

Sementara, Sekertaris DPD AMPHURI Sulampua, Nurhayat menyampaikan, AITE ini momentum yang baik bagi masyarakat, terlebih baru-baru ini Saudi mengeluarkan keputusan penghapusan biaya visa progresif umrah, meski diikuti peraturan baru berupa biaya tambahan penerbitan visa umrah. Meski demikian, Nurhayat meyakini bahwa animo masyarakat berumrah akan semakin tinggi.

“Kalau selama ini ada sekitar 6.000 jamaah Sulsel dalam satu musim umrah, maka mungkin tahun depan peningkatan bisa mencapai 10.000 jamaah,” paparnya.

Dalam gelaran kali ketiga ini, AITE Sulampua 2019 akan dimeriahkan dengan sejumlah kegiatan kompetisi, talkshow, games, gimmick, dan sejumlah program entertainment. DPD AMPHURI Sulampua dalam kegiatan ini menargetkan transaksi sekitar Rp 5 milliar.

“Kita yakin bahwa effect after sales pameran itu akan berlangsung bahkan sebulan setelah pameran. Jadi sebenarnya potensi transaksi jauh lebih besar dari angka 5 milliar rupiah. Kita berharap setidaknya peserta dapat memegang down payment calon jamaah dengan total transaksi 5 milliar rupiah selama tiga hari pameran,” katanya. (amc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *