Kloter Pertama Jamaah Haji Mendapat Pelayanan Fast Track

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersama Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid Al Thagafi dengan didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas keberangkatan jamaah di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng pada Ahad (7/7/2019).

Pelepasan jamaah haji kloter pertama dari embarkasi Jakarta ini mendapatkan pelayanan Makkah Route Initiative atau fast track.

Dubes Esam langsung mengapresiasi dukungan yang diberikan pemerintah Indonesia. Dia bersyukur lantaran program fast track berjalan dengan lancar.

“Kami berharap juga seluruh proses keberangkatan jamaah haji Indonesia akan berjalan hingga kloter terakhir yang berangkat dari embarkasi Jakarta ini,” tutur Dubes Esam saat melepas jamaah.

MUDAHKAN JAMAAH

Dijelaskan Menag bahwa program fast track bertujuan meningkatkan pelayanan bagi para jamaah haji serta memudahkan perjalanan mereka ke Tanah Suci.

Program fast track meliputi penyelesaian proses keimigrasian dan proses verifikasi persyaratan medis, serta penyortiran bagasi para jemaah di bandara-bandara keberangkatan.

Program ini akan memudahkan para jamaah ketika tiba di tanah suci, serta memungkinkan mereka untuk langsung naik ke bus-bus angkutan sebelum diantar ke tempat menginap tiap jamaah, baik di Mekah maupun Madinah.

“Pihak layanan bagasi langsung mengurus koper para jamaah dan mengantarnya ke penginapan,” ujar dia.

TAK PERLU ANTRE

Sementara wapres JK menilai program fast track merupakan kemajuan dalam pelayanan jamaah haji.

Dia mengamati jika sebelumnya jamaah haji harus antre di bandara, atau harus antre di Jeddah atau di Madinah, sekarang hanya dalam waktu beberapa menit semuanya sudah selesai.

“Nanti di Madinah atau di Mekah tidak perlu menunggu, langsung dari pesawat juga turun sama dengan sekarang, dari bus bisa melalui langsung imigrasi yang singkat ini,” kata Wapres JK.

Menurut dengan fast track dapat menghemat waktu jamaah.

“Saya berterima kasih bahwa dalam pelayanan haji sebagai pemerintah Saudi dan Raja Salman sebagai Khadimul Haramain pelayanannya sangat baik,” tandasnya. 01/Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *