Ke Depan, Mengurus Visa Umrah di Kantor VFS

Proses visa umrah melalui VFS (Visa Facilitation Services) di Indonesia akan direalisasikan. Meski belum ada target waktu yang ditentukan, melalui VFS ini, maka mempercepat proses screening ketika masuk ke Arab Saudi. Sejak dulu sudah ada wacana di Indonesia akan menggunakan VFS untuk urusan proses visa. Tapi masih terkendala jarak antar kepulauan serta alatnya.

Nantinya, jamaah yang ingin mengurus visa harus menggunakan sidik jari dan langsung datang ke kantor VFS. Titik kantor VFS yang nantinya akan digunakan ada di Jakarta, Surabaya, Makasar, Medan, Aceh, Bandung dan Semarang.

Subdit Bina Umrah Kementerian Agama Zakaria A menuturkan, kedepan wacana ini bisa diwujudkan. Menurut dia, Arab Saudi memang menginginkan sistem VFS.

“Tapi saat ini belum diterapkan untuk negara-negara dengan jumlah penduduk dan geografis luas seperti India dan Indonesia,” katanya kepada amphurinews.com, Sabtu (17/2/2018) malam.

Memang ada salah satu kelebihan ketika pengurusan visa dilakukan oleh jamaah itu sendiri. Di Arab Saudi sendiri, proses identifikasi sidik jari dan mata memudahkan screening seseorang dari negara asal ketika masuk ke Saudi.

Tak hanya itu, dengan didirikan VFS di kota-kota besar di Indonesia, maka bisa memudahkan dan mempersingkat proses visa.

“Identifikasi sidik jari sejak dari negara asal akan mempersingkat screening imigrasi saat masuk Saudi,” terang Zakaria.

Menyulitkan Jamaah

Wakil Sekjen Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Farid Aljawi menyatakan, dengan aturan yang akan diterapkan, seperti proses visa melalu VFS, maka memperpanjang birokrasi pengurusan visa.

“Memperpanjang birokrasi dan menyulitkan,” keluh dia.

Menurut Farid, kesulitan itu disebabkan karena Indonesia terdiri dari beberapa kepulauan dan letaknya jauh. Ketika jamaah umrah yang mengurus visa harus mendatangi kantor VFS, maka bisa menyulitkan jamaah. Selain itu, pengurusannya akan makin panjang.

“Antar pulau ada yang di jangkau sampai 10 jam melalui darat. Kemudian biayanya juga jadi lebih tinggi,” tegasnya. 01/Bagus

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *