Hanya Amphuri yang Perwakilannya ada Di Seluruh Propinsi di Indonesia

AMPHURI Satu-Satunya Asosiasi Haji dan Umrah yang Ada di Seluruh Provinsi Indonesia
Lantik Pengurus DPD AMPHURI Sumbagut

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji Umrah Republik Indonesia (DPP AMPHURI) Joko Asmoro, Sabtu malam (3/1/2018) melantik kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) AMPHURI Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) di Hotel Santika, Medan.

Kepengurusan DPD AMPHURI Sumbagut ini mencakup lima provinsi yakni Aceh, Sumatera Utara (Sumut), Riau, Kepulauan Riau, serta Provinsi Sumatera Barat. Itu adalah kepengurusan DPD AMPHURI yang ketujuh di Indonesia.

“Ini artinya AMPHURI satu-satunya asosiasi haji dan umah yang sudah memiliki DPD hampir seluruh wilayah Indonesia,” ujar Sekjen DPP AMPHURI Firman M Nur dalam sambutan acara Pelantikan/Pengukuhan Pengurus DPD AMPHURI Wilayah Sumbagut Periode 1439-1441. Tema yang diambil dalam acara pelantikan pengurus ini adalah ‘Bersatu Bangkit Melayani Umat’.

DPD AMPHURI yang ada saat ini adalah DPD AMPHURI DKI dan Bantenn, DPD AMPHURI Jawa Barat, DPD AMPHURI Jateng dan Yogyakarta, DPD Jatim, Bali dan NTT, kemudian DPD Sulawesi, Maluku dan Papua, DPD Sumbagsel yang meliputi Lampung , Sumsel, Bengkulu, Jambi dan Bangka Belitung, terakhir adalah DPD Sumbagut.

“DPD ini adalah kepanjangan tangan dari DPP untuk melakukan edukasi, pembinaan dan pengarahan kepada anggota di daerah agar mereka bisa memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah,” kata Firman yang juga menyebutkan bahwa AMPHURI sebagai satu-satunya asosiasi haji dan umrah yang sudah mengantongi sertifikat ISO 9001/2008.

Meski baru berdiri, DPD AMPHURI Sumbagut ini sudah memiliki 25 anggota yang tersebar di lima provinsi tersebut.  Selaku ketua DPD AMPHURI Sumbagut adalah Maulana Andi Surya.

Ketua Umum DPP AMPHURI Joko Asmoro menyerahkan panji AMPHURI kepada Ketua DPD AMPHURI Sumbagut Maulana Andi Surya.
Acara pelantikan/pengukuhan pengurus ini dihadiri ratusan pelaku travel haji dan umrah, baik dari DPP mapun DPD AMPHURI wilayah Sumbagut, serta para undangan antara lain Direktur Pembinaan Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama Arfi Hatim, Wakil Walikota Medan, Wakil Walikota Banda Aceh, para sponsor acara dan media termasuk jurnalis  Manasiknews.id.

Pelantikan pengurus ini  diisi dengan pembacaan ikrar sumpah dan janji dari  para anggota DPD Sumbagut, yang dipimpin langsung Ketua Umum DPP AMPHURI Joko Asmoro. Setelah pembacaan sumpah dilakukan penyematan pin AMPHURI kepada para anggota DPD serta penyerahan panji  AMPHURI kepada Ketua DPD AMPHURI Sumbagut.

Di akhir acara, panitia memberikan doorprize kepada para tamu undangan berupa tiket pesawat gratis PP dari Medan-Singapura dan Medan-Kuala Lumpur.

Seusai  acara, Joko Asmoro kepada wartawan mengatakan bahwa DPP AMPHURI mengharapkan dengan adanya kepengurusan DPD AMPHURI Sumbagut ini akan memudahkan pembinaan dan pengawasan kepada travel-travel umrah dan haji yang ada di wilayah ini, ketimbang itu dilakukan langsung oleh DPP di Jakarta.

Tamu undangan yang beruntung dapat doorprize berupa tiket gratis Medan-Singapura.
Joko juga menilai saat ini sudah ada peningkatan pelayanan kepada para jamaah umrah dan haji khusus  di wilayah Sumbagut. Ia mencontohkan untuk penerbangan yang beberapa tahun lalu, jamaah umrah harus melalui Jakarta atau Malaysia atau Singapura untuk ke Tanah Suci, saaat ini sudah ada penerbangan langsung dari Bandara Kualanamu maupun dari bandara Aceh.

Saat ini, AMPHURI memiliki 323 anggota yang sudah mengantongi izin sebagai penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU). Selain itu, ada 58 travel yang menjadi mitra untuk dibina agar bisa mendapatkan izin PPIU.  (ian

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *